Jangan Asal Kirim, Ini Pentingnya Nota Untuk Bisnis

by -742 Views

Ketika melakukan transaksi jual beli, pihak penjual selalu memberikan bukti transaksi atas transaksi penjualan yang berlangsung kepada pembeli secara tunai. Bukti transaksi ini dapat kita kenal dengan istilah nota kontan.

Selain menjadi bukti transaksi yang sah, nota jenis ini juga dapat menjadi dokumen pelengkap yang pembeli miliki apabila sewaktu-waktu barang yang telah terbeli mengalami kerusakan dan ingin mengajukan penggantian barang. Seperti apakah pentingnya dokumen pembayaran ini dalam transaksi jual beli? Simak artikel ini untuk mengetahui selengkapnya!

Fungsi dari Nota Kontan

  • Catatan barang dan jasa
    Suatu perusahaan sangat membutuhkan pencatatan untuk barang yang ditawarkan atau yang telah terjual kepada konsumen. Untuk itu, nota dapat bermanfaat sebagai catatan atau bukti transaksi mengenai informasi barang yang telah dijual. Perusahaan dapat mengontrol pemasukan dan pengeluaran barang melalui catatan tersebut. Hadirnya nota sangat penting untuk membantu bisnis perusahaan khususnya dalam mencatat barang. Keterangan yang tertera dalam nota sangat membantu untuk mengetahui barang apa saja yang telah dikeluarkan.
  • Menunjukkan rincian harga
    Pentingnya nota penjualan untuk kegiatan bisnis adalah menunjukkan informasi harga secara rinci. Harga barang untuk setiap yang unit atau kategori produk akan dituliskan secara jelas dalam nota penjualan yang telah disepakati antara penjualan dan pembeli.

    Nota ini akan menjadi bukti yang transparan dan jelas. Informasi dalam nota akan tertulis secara detail mulai dari nama hingga rincian harga. Jadi jika ada kesalahan yang disengaja maupun tidak akan terdeteksi dengan cepat dan bisa langsung diperbaiki. Kehadiran nota ini akan menjadi bukti yang kuat dari masing-masing pihak jika terjadi kesalahan di kemudian hari.
  • Meningkatkan kepercayaan konsumen
    Kepercayaan konsumen terhadap sebuah bisnis merupakan hal yang penting untuk sebuah perusahaan. Bisnis akan terus berkembang jika memiliki konsumen yang loyal dan percaya terhadap barang maupun jasa yang ditawarkan perusahaan. Untuk itu, perusahaan harus memiliki berbagai cara untuk menjaga kepercayaan konsumen.

    Salah satu caranya menggunakan nota penjualan. Perusahaan atau penjual dapat memberikan bukti transaksi yang sah setelah melalukan transaksi jual beli. Nota yang transparan, detail, dan jujur akan meningkatkan kepercayaan konsumen. Tak hanya itu, nota ini dapat efektif untuk mendatangkan konsumen dengan jumlah yang banyak.
  • Pengingat piutang konsumen
    Jenis nota penjualan terdiri dari dua jenis yaitu nota debit dan nota kredit. Nota debit ini dapat mempengaruhi arus kas sedangkan nota kredit akan mempengaruhi penerimaan terhadap piutang dan pendapatan perusahaan. Piutang akan diberikan kepada konsumen akan sangat berpengaruh pada total besaran pendapatan perusahaan.

    Untuk itu, hadirnya nota kredit yang dikeluarkan perusahaan akan membantu mengingatkan tentang piutang dari konsumen. Perusahaan dapat memberikan tenggang waktu kepada konsumen untuk melunasi pembayaran yang tertera dalam nota. Melalui nota, perusahaan dapat menentukan pembayaran konsumen secara tepat waktu.

Itulah pentingnya penggunaan nota penjualan dalam bisnis. Melihat hal tersebut, untuk kamu yang baru memulai bisnis, ada baiknya menyiapkan nota penjualan untuk setiap transaksi. Kamu bisa mencetaknya di percetakan murah.

No More Posts Available.

No more pages to load.